Membuat Pondasi Rumah Panggung

Masyarakat Indonesia jaman dahulu lebih banyak membuat rumah dengan bentuk rumah panggung. Masyarakat jaman dahulu mempercayai bahwa rumah panggung adalah hunian yang paling ideal. Tujuan orang jaman dahulu membuat rumah panggung untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti banjir dan keadaan tanah yang berawa. Selain alasan tersebut alasan mereka membuat rumah panggung adalah untuk menghindari munculnya hewan yang berbahaya. Pada dasarnya bangunan rumah panggung adalah warisan nenek moyang yang dibangun terus secara turun temurun, dan dengan kekuatan tradisi tersebut rumah panggung masih dipertahankan. Rumah panggung identik dengan kehidupan masyarakat pesisir.

Rumah Panggung memiliki bentuk bangunan yang sangat unik dengan adanya kolong di bawah rumahnya. Sebenarnya rumah pangung ini tidak jauh beda dengan rumah tradisional pada umumnya, yang membedakan adalah bentuk bangunannya lebih tinggi, dan bagi mereka yang masih sangat kental terhadap tradisi, akan merasa risih jika rumahnya tidak dibuat dengan bentuk panggung.
Membuat Pondasi Rumah Panggung
Sumber gambar: mustangcorps.com
Seperti rumah pada umumnya, rumah panggung juga memiliki pondasi yang kuat untuk menopang beban bangunannya. Pondasi rumah panggung pada umumnya memiliki bentuk penampang segitiga yang besar pada bagian bawahnya, penampang lingkaran, penampang segienam berundak, dan juga penampang belah ketupat berundak dan memiliki bentuk yang besar pada bagian bawahnya. Namun yang sering digunakan orang untuk pondasi rumah panggungnya adalah berupa pondasi penampang lingkaran. Bentuk pondasi semacam itu dianggap lebih sederhana, bisa lebih menghemat biaya, bahan yang akan digunakan juga mudah didapatkan, serta cara pengerjaannya juga mudah. Oleh karena itu tidak heran jika para pemilik rumah panggung lebih memilih bentuk pondasi penampang lingkaran.

Seperti rumah pada umumnya pondasi adalah bagian terpenting dari bangunan rumah panggung. Pondasi rumah panggung biasanya disambungkan dengan struktur beton ke bangunan induk, atau bisa juga disambungkan dengan kayu atau batang kelapa yang berfungi sebagai tiang atau kolom bangunan rumah panggung. Pembuatan pondasi rumah panggung harus dikerjakan dengan sangat teliti dan hati-hati, karena kekuatan rumah panggung tergantung dari kondisi pondasinya. Jika pondasinya tidak kuat atau tidak dikerjakan dengan bagus maka akan menganggu keamanan, keselamatan dan juga kenyamanan orang-orang di dalamnya bahkan tidak menutup kemungkinan juga akan membahayakan nyawa sang pemilik rumah.

Pondasi yang digunakan untuk rumah panggung sebagian besar menggunakan pondasi jenis setapak atau setempat. Pondasi setapak atau setempat tersebut kemudian dihubungkan dengan kolom atau pilar. Dengan begitu rumah panggung dapat berdiri kokoh dan kuat.

Proses pembuatan pondasi rumah panggung juga sama dengan pondasi rumah-rumah tanpa menggunakan panggung. Justru pondasi rumah panggung harus dibuat sekuat mungkin karena bentuk rumah yang menggantung bisa menambah berat beban bangunan. Pada umumnya rumah panggung terbuat dari meterial bahan bangunan kayu, dan bebannya juga tidak kalah berat dengan bahan material lainnya.

Saat ini memang sudah sulit sekali kita jumpai model rumah panggung yang lebih dominan menyerupai rumah tradisional, karena seiring berjalannya waktu bangunan rumah pnggung terpengaruh oleh bangunan belanda yang menghilangkan bentuk rumah panggung. Sehingga hanya berupa rumah tradisional yang berdiri di atas tanah tanpa adanya kolong dibawahnya. Padahalsebenarnya rumah panggung pantas untuk tetap dilestarikan sebagai salah satu ragam budaya Indonesia, karena rumah panggung memiliki bentuk bangunan yang sangat unik.

Jika anda masih berminat untuk melestarikan rumah panggung sekedar untuk tempat bersantai dihalaman belakang rumah anda, atau anda ingin membuat konsep villa pribadi milik anda dengan bentuk bangunan rumah panggung anda bisa menerapkannya dan pastikan anda tentukan dulu lingkungan dan jenis tanah yang akan anda gunakan untuk pondasi awalnya agar rumah panggung yang anda inginkan dapat berdiri dengan kuat dan kokoh serta aman untuk di huni.

Demikian penjelasan tentang pondasi rumah panggung. Semoga ulasan tersebut bisa menambah wawasan anda tentang rumah panggung dan jenis pondasi yang tepat untuk memikul bentuk bangunan seperti rumah panggung. Setelah anda mengetahui pondasi yang tepat barulah anda merancang pembuatan rumah panggung yang menjadi impian anda.

0 Response to "Membuat Pondasi Rumah Panggung"

Posting Komentar

Komentar di blog ini dimoderasi sebelum ditampilkan,
Soo..jika ingin komentarnya di tampilkan jangan:
1. Spam
2. Junk
3. Sara
4. Dll yang melanggar