Gaya Unik Rumah Khas Betawi

Rumah tradisional tidak selamanya memiliki kesan yang kuno. Justru rumah tradisional memiliki keunikan tersendiri. Lain halnya dengan rumah jaman sekarang yang sudah dibangun dengan konsep modern dan simple. Rumah tradisional memiliki banyak ornamen-ornamen unik yang tidak dimiliki oleh konsep rumah modern saat ini. Bentuk rumah khas Betawi memperlihatkan pengaruh gaya rumah luar negeri seperti rumah bergaya Eropa, Cina, dan negara Arab. Namun meski begitu tetap tidak menghilangkan tampilan budaya lokal. Semua itu terlihat dari bentuk pintu, lubang angin, dan ornamen-ornamen lainnya. Semua keunikan tersebut menjadi ciri khas trsendiri dari tampilan rumah khas Betawi.

Keunikan yang nampak jelas pada rumah khas Betawi adalah ruang tamu yang terbuka untuk umum, berbeda dengan rumah jaman sekarang yang memiliki bentuk ruang tamu tertutup. Konsep ruang tamu terbuka menggambarkan bahwa masyarakat Betawi memiliki kebiasaan ramah tamah dan terbuka dengan semua orang. Ruang tamu tidak hanya menjadi tempat favorit anggota keluarga akan tetapi ruang tamu masyarakat Betawi bisa disinggahi semua orang yang berkunjung di rumah anda.
Gaya Unik Rumah Khas Betawi
Sumber gambar: http://rumahminimalissederhana.info
Rumah Betawi memiliki beberapa tata ruang yang terdiri dari ruang publik, ruang privat, dan area servis. Ruang publik terletak pada teras depan yang biasa disebut dengan amben, dan ruangan ini sekaligus dijadikan sebagai ruang tamu utama oleh masayrakat Betawi sehingga siapa saja bisa menempatinya. Ruang privat terletak ditengah ruangan yang biasanya terdapat ruang keluarga, kamar tidur, dan ruang makan keluarga. Sedangkan rumah servis orang Betawi yaitu berupa dapur yang biasa disebut dengan srondoyan oleh masyarakat Betawi.

Keunikan rumah Betawi juga terlihat pada rangka terbuat dari kayu dan bambu. Selain itu bagian dinding rumah orang Betawi biasanya terbuat dari bambu dan juga kayu. Uniknya lagi lantai rumah masyarakat Betawi beralaskan tanah tanpa dilapisi semen atau bahan apapun. Lantai semacam ini yang menampakkan ciri khas rumah Betawi yang unik dan sangat tradisional serta sederhana. Karena pada dsarnya orang Betawi memang mengutamakan kesan alam pada rumahnya sehingga tidak terlalu banyak menggunakan bahan-bahan bangunan yang permanen.

Rumah Betawi panggung adalah salah satu bentuk rumah masyarakat Betawi. Bentuk rumah panggung orang Betawi biasanya terdapat konstruksi tangga yang biasa disebut dengan balaksuji. Namun seiring dengan perkembangan jaman, bentuk rumah panggung Betawi sudah mulai hilang sedikit demi sedikit dan sudah jarang ditemukan pada konsep rumah Betawi.

Kesan unik lainnya dari rumah khas Betawi bisa terlihat dari bentuk lisplang atau atap bagian dalam yang diberikan sentuhan ornamen ‘gigi balang’ yaitu papan kayu yang dibentuk dengan ornamen segitiga sejajar. Dengan bentuk atap yang penuh dengan ornamen seperti itu suasana rumah Betawi sangat terlihat unik dan nyaman.

Pada bagian teras depan biasanya dikelilingi dengan pagar rendah yang terbuat dari kayu. Sisi uniknya biasanya pagar teras ini tidak bersifat permanen dan bisa di bongkar pasang, tujuannya saat sang pemilik rumah sedang mengadakan acara hajatan, pagar tersebut bisa di bongkar agar teras bisa langsung menyatu dengan halaman rumah.

Bahan lantai yang diterapkan pada rumah Betawi juga nampak unik. Masyarakat Betawi biasanya menggunakan bahan tegel untuk lapisan lantainya selain lantai yang hanya berupa tanah saja. Bahan tegel memiliki pola dan struktur yang unik dengan pola warna dan gambar yang sangat khas. Pada umumnya masyarakat Betawi menyusun pola tegel yang memakai border dengan tegel yang polos dan menglilingi tegel yang berpola tersebut. Menerapkan pola semacam itu bisa menambah kesan dekoratif pada rumah adat Betawi yang menyerupai bentuk karpet yang biasa diterapkan pada rumah bergaya modern.

Untuk elemen furniturenya biasanya mengadopsi dari bentuk furniture bergaya kolonial Belanda. Hal ini bisa terlihat dari kursi yang biasa disebut dengan kursi Betawi dengan ciri khas yang unik.

Demikian ulasan singkat tentang gaya unik rumah khas betawi. Mungkin anda tertarik dengan gaya unik yang diterapkan pada rumah khas Betawi apabila anda bosan dengan hunian bergaya modern saat ini. Semoga ulasan di atas dapat menginspirasi anda. Salam.

0 Response to "Gaya Unik Rumah Khas Betawi"

Posting Komentar

Komentar di blog ini dimoderasi sebelum ditampilkan,
Soo..jika ingin komentarnya di tampilkan jangan:
1. Spam
2. Junk
3. Sara
4. Dll yang melanggar