Desain Rumah Khas Betawi dengan Rumah Modern

Saat ini hunian modern sudah banyak diminati sebagian besar masyarakat. Rumah dengan gaya modern memiliki bentuk yang minimalis dan sederhana. Sangat wajar jika orang lebih memilih rumah yang bergaya modern, sebab lahan untuk membuat rumah saat ini semakin sempit dan harga lahan tanah juga semakin mahal. Rumah dengan konsep modern lebih cenderung menirukan model rumah luar negeri sehingga sentuhan rumah tradisional Indonesia sama sekali tidak nampak pada rumah dengan desain modern. Akan tetapi tidak semua orang selalu menyukai tampilan rumah modern, ada kalanya mereka membutuhkan suasana baru yang berbeda dengan rumah modern lainnya.

Bagi anda yang merasa bosan dengan konsep rumah bergaya modern dan ingin memberikan sentuhan baru pada rumah anda, cobalah untuk memadukan desain rumah khas Betawi dengan rumah modern. Dengan begitu konsep rumah anda akan terlihat berbeda daripada yang lainnya serta dapat membantu mengurangi rasa bosan anda terhadap gaya rumah modern.
Desain Rumah Khas Betawi dengan Rumah Modern
Sumber gambar: modelrumahminimalismodern.info
Memadukan dua konsep dalam satu bangunan memang bukan perkara mudah, anda harus bisa menciptakan keserasian saat akan memadukan keduanya agar rumah anda tetap terlihat cantik dan juga bisa menghadirkan rasa nyaman bagi semua penghuninya. Perbedaan yang sangat signifikan pada kedua konsep ini nampak pada karakternya masing-masing. Rumah bergaya modern memiliki karakter bangunan yang sangat simple dan sederhana, sedangkan rumah adat khas betawi menerapkan ornamen-ornamen yang beragam pada setiap bangunannya.

Untuk membangun sebuah rumah modern yang dikombinasikan dengan rumah khas Betawi, anda harus menerapkan letak teras yang memiliki ruangan lebar dan terbuka. Fungsi dari teras rumah adalah untuk menerima tamu yang datang ke rumah anda. Menerapkan hal semacam ini dapat menghadirkan nuansa yang sedikit berbeda.

Karakter yang kuat pada rumah khas Betawi adalah elemen yang diaplikasikan hampir semua terbuat dari kayu. Jika anda ingin memberikan sentuhan modern, anda bisa mengaplikasikan tembok batu pada dinding rumah anda. Namun tetap mempertahanakan elemen kayu pada beberapa sudut ruangan.

Anda bisa melengkapi furniture rumah dengan bahan dasar kayu. Pada era modern saat ini furniture dengan ukiran kayu memang sangat sulit di dapatkan. Untuk menyiasati hal itu anda bisa memilih furniture yang memiliki warna senada dengan warna kayu. Namun bedanya perabotan semacam itu tidak ada ukiran rumit yang merupakan ciri khas furniture Betawi.

Pada bagian lantainya anda bisa menggunakan lantai berbahan kayu yang juga sangat pas untuk menerapkan kesan modern dan rumah khas Betawi. Lantai kayu saat ini juga menjadi pilhan orang-orang yang menerapkan rumah dengan gaya modern. Jadi perpaduan rumah modern dengan rumah khas Betawi semakin tercipta.

Untuk bagian atap rumah, sebaiknya anda tetap menggunakan genteng yang terbuat dari tanah liat. Sebagian besar rumah dengan konsep modern menggunakan bahan alumunium yang tahan pas untuk bagian atapnya. Jika rumah anda sudah menggunakan bahan alumunium sebelumnya tidak menjadi masalah, namun kesan khas Betawi yang kental akan menghilang.

Ciri khas lain yang memadukan konsep modern dan cri khas Betawi adalah fasad yang terbuat dari papan yang biasanya terletak di bawah atap. Biasanya di tengah fasad terdapat hiasan berupa ukiran-ukiran bermotif yang merupakan ciri khas rumah Betawi. Papan tersebut sangat unik dan menarik dengan ornamen-ornamen yang cantik. Papan ini biasanya juga diterapkan pada atap teras rumah yang bisa menambah kesan indah pada teras rumah sekaligus ruang tamu.

Anda juga bisa mengganti pintu anda yang terbuat dari bahan kayu serta memiliki bentuk yang lebar dan besar. Selain bagian pintu anda juga perlu mengganti model jendela rumah anda yang sebelummnya memiliki ukuran kecil dengan bentuk jendela yang sedikit lebar dan besar.

Jika anda tertarik untuk menerapkan desain rumah yang memadukan konsep modern dengan konsep khas Betawi, anda bisa menerapkan ulasan di atas untuk mewujudkan desain rumah impian anda. Dengan kombinasi yang tepat rumah anda akan memiliki nilai keindahan yang tinggi serta berbeda dengan tampilan rumah lainnya. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Desain Rumah Khas Betawi dengan Rumah Modern"

Posting Komentar

Komentar di blog ini dimoderasi sebelum ditampilkan,
Soo..jika ingin komentarnya di tampilkan jangan:
1. Spam
2. Junk
3. Sara
4. Dll yang melanggar