Arsitektur Desain Rumah Tropis

Dalam mengonsep sebuah rumah, bukan hanya segi dekorasi atau konsep interior dan eksteriornya saja yang harus diperhatikan. Segi iklim juga wajib mendapat perhatian. Indonesia memiliki curah hujan sepanjang tahun dengan rahmat sinar matahari yang melimpah ruah yang dapat dirasakan.

 Dengan iklim tropis, keadaan bangunan dan rumah yang didesain juga harus disesuaikan. Arsitek memiliki cara tersendiri untuk mendesain rumah di kawasan beriklim tropis. Trik–trik Arsitektur Desain Rumah Tropis tentunya disesuaikan dengan keadaan iklim tropis yang ada di negara kita. Berikut ini trik – trik mendesain rumah tropis di iklim yang tropis :
Arsitektur Desain Rumah Tropis
Sumber gambar: http://desainrumahminimalismu.com
  1. Pada iklim tropis yang curah hujannya dapat dikatakan cukup tinggi dan dibarengi dengan matahari yang begitu terik, dapat menimbulkan kelembaban udara yang tinggi pula. Nah, jika kelembaban udara tinggi, maka penyakit mudah hinggap pada rumah yang tidak didesain menyesuaikan dengan keadaan iklim yang ada. Desain arsitektur bagi rumah di iklim yang tropis, cocok menggunakan desain dengan bukaan yang lebar, pintu yang cukup dan ventilasi udara yang memadai pula. Dengan standarisasi bukaan yang lebar ini dapat mempermudah sirkulasi udara serta menjaga kelembaban dalam ruangan.
  2. Struktur atap harus sesuai. Pada lingkungan daerah tropis, atap yang didesain pada sebuah rumah pastikan tingkat kemiringan atap yang sesuai misalnya sekitar 30 atau 40 derajad. Hal ini karena di daerah iklim tropis memiliki curah hujan yang tinggi, dengan tingkat kemiringan yang ideal tentu air dapat mengalir dengan mudah saat musim hujan tiba sehingga tidak menggenang dibagian atap rumah.
  3. Sesuaikan rumah dengan arah angin agar rumah bisa sejuk. Dan anda dapat membuat taman dengan tumbuhan yang tinggi untuk membelokkan angin jika rumah anda terlanjur memiliki bukaan yang tidak sesuai dengan arah dimana angin datang.
Pastikan membangun rumah dengan Arsitektur Desain Rumah Tropis jika anda hidup di sebuah daerah yang beriklim tropis, khususnya Indonesia. Atur tingkat kelembaban dalam ruangan agar ruangan terhindar dari jamur dan kesehatan dalam ruangan terkontrol.

0 Response to "Arsitektur Desain Rumah Tropis"

Posting Komentar

Komentar di blog ini dimoderasi sebelum ditampilkan,
Soo..jika ingin komentarnya di tampilkan jangan:
1. Spam
2. Junk
3. Sara
4. Dll yang melanggar