Ide Desain Rumah Khas Betawi

Kata Betawi sepertinya bukanlah kata yang asing terdengar di telinga kita. Betawi adalah sebuah suku yang ada di wilayah Jawa bagian barat. Budaya masyarakat suku Betawi dikenal dengan unikumnya yang sangat menarik. Apalagi desain rumah yang khas di Betawi. Rumah khas Betawi terkenal dengan bentuk rumahnya yang mengedepankan unsur kekeluargaan, dimana rumah khas Betawi didesain dengan bentuk teras rumah yang luas. Seperti apa Ide Desain Rumah Khas Betawi ini?. 
Rumah khas betawi biasanya didesain dengan bentuk rumah yang tentunya tidak terlepas dari unsur ruang teras depan, ruang keluarga dan kamar – kamar yang senantiasa terdapat didalam desainnya. Ruang teras pada rumah khas betawi umumnya difungsikan sebagai ruang tamu untuk menyambut tamu, ini alasan mengapa teras pada rumah khas Betawi didesain dengan unsur teras yang begitu luas. Karena suku Betawi mengutamakan tamunya, maka teras rumah yang difungsikan sebagai ruang tamu ini dijadikan tempat yang nyaman untuk menghargai dan memberi penghormatan tamu yang sedang berkunjung.
Sumber gambar: www.gopixpic.com
Perlu kita ketahui, desain rumah khas Betawi ini adalah sebuah desain yang fleksibel, dimana rumah khas Betawi ini juga dapat diterapkan sebagai ide untuk mendesain rumah dengan gaya modern. Jika anda ingin mendesain Rumah Khas Betawi dengan gaya modern anda bisa dengan mudah melakukannya karena memang pada hakikatnya rumah khas Betawi ini sangatlah fleksibel. Memang ciri khas hunian khas Betawi adalah unsur material utama yakni kayu. Untuk mendesain rumah Betawi modern unsur joglo dengan atap genting tetap harus dilekatkan, untuk konstruksi material atap anda dapat menggunakan baja ringan. Untuk bahan pengganti kayu anda tetap dapat menggunakan aluminium agar terkesan elegan, namun sentuhan kayu harus tetap ada sebagai unsur khas Betawi. Anda dapat menggunakan kayu ukir dengan ukiran Betawi pada salah satu bagian, entah pada bagian depan, motif pintu ataupun jendela.

Uraian diatas adalah Ide Desain Rumah Khas Betawi yang dapat dipadukan dengan gaya modern. Semoga apa yang kami sampaikan dapat dijadikan referensi untuk memilih gaya rumah dengan unsur Betawi.

0 Response to "Ide Desain Rumah Khas Betawi"

Posting Komentar

Komentar di blog ini dimoderasi sebelum ditampilkan,
Soo..jika ingin komentarnya di tampilkan jangan:
1. Spam
2. Junk
3. Sara
4. Dll yang melanggar